Tips Merawat Memori (RAM)


Yang punya komputer pasti tau donk yang namanya memory (RAM). Salah satu hardware yang mempunyai fungsi penting di dalam CPU. Jadi alangkah pentingnya juga untuk menjaga kondisinya agar CPU kita bisa terus bekerja dengan baik. Jika sampai RAM ini kotor bisa saja mengakibatkan CPU terkadang booting sendiri (mereset), tidak menyala, nge-hang dan lain-lain, apalagi kalau sampai rusak, sudah pasti komputer akan mati total.
Secara umum ciri-ciri RAM yang bermasalah seperti kotor/rusak biasanya ketika power dinyalakan, komputer tidak akan menyala, hanya terdengar suara seperti alarm (tit-tit-tit : red). Hal ini bisa di atasi dengan cara membersihkan RAM tesebut, buka casing CPU lalu cabut memorinya. Bersihkan RAM tersebut pada bagian bawah memori yang berupa pin-pin, bisa dibersihkan dengan pengahapus pensil karet, atau dengan kain yang diberi sedikit thinner (jangan di siram yaa.. ) supaya lebih bersih dari debu, dan gosokkan pada pin-pin tersebut. Gesekan tersebut juga akan memancing ion-ion pada pin memori tersimulasi sehingga konduktornya lebih aktif.
Setelah bersih, silahkan coba pasang kembali memori tersebut pada slotnya di Mainboard. Slesai dech….!! Selamat mencoba….. ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s