Menata Ruang Makan Lebih Mempesona


Salah satu ruangan di dalam rumah yang perlu mendapat perhatian lebih adalah ruang makan. Ruangan itu bisa menjadi tempat paling pas untuk bercengkerama sehingga tercipta keharmonisan antar anggota keluarga.

Ruang makan merupakan salah satu tempat yang paling sering untuk berkumpul keluarga, dalam upaya menambah kehangatan keluarga yaitu makan bersama. Maka dari itu, mendekorasi/menata ruang makan senyaman mungkin merupakan langkah yang harus ditempuh.

Mungkin beberapa pemilik rumah selalu ingin melihat ruang makannya cantik, harus ada ide-ide baru soal penataan ruang. Tetapi, semua itu harus disesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki. Itu sebabnya kenali terlebih dahulu ruangnya. Kemudian sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga.

Pada ruangan yang kecil dan terbuka, hendaknya menempatkan furniture merapat ke satu dinding. Furniture jadi tak menyita ruangan, sehingga sirkulasi orang pun tak terganggu. Jangan ambisius menempatkan tata cahaya. Tempatkan lampu secukupnya. Gunakan kap lampu gantung yang berbahan transfaran agar cahayanya terang tapi tidak menyilaukan. Pilih cahaya kuning untuk menyoroti aksesoris di ruang makan. Boleh saja menempatkan aksesori yang kontras. Penempatannya disesuaikan dengan wadah, luas ruang dan jenis aksesori. Hindari aksesori yang berlebihan, yang dapat membuat ruangan terlihat sesak.

Ruang makan selain sebagai tempat makan keluarga, sering kali berbagai perencanaan terjadi di ruangan ini. Bahkan di rumah tinggal yang luasnya amat terbatas, desain interior ruang ini sering disulap menjadi multifungsi sebagai ruang tempat duduk sambil menonton tv dan tempat anak membuat PR. Desain interior yang baik adalah ruang makan yang memiliki fungsi sesuai dengan tujuan utamanya, yaitu makan dengan baik dan dapat menunjang kegiatan lainnya. Oleh karena itu dalam menata atau mendesain ruang makan, banyak yang perlu diperhatikan. Meja makan dapat pula diletakkan berdekatan dengan kitchen set pada pantry agar dapat memperlancar aktivitas penyajian makanan.

Bagi anda yang mempunyai masalah untuk mengatur ruang makan sekaligus tempat berkumpulnya keluarga agar tampak hangat dan mengesankan serta membuat keluarga yang dicintai menjadi semakin akrab. Maka berilah sentuhan yang berbeda di ruang makan keluarga anda. Tak sedikit orang yang bilang, selain menata ruangan diperlukan juga warna cat ruangan makan yang bisa menggugah selera makan di pemilik rumah. Untuk kasus ini, setiap orang punya pilihan warna yang berbeda. Agar lebih pas memilih sebaiknya Anda harus banyak mencari literature atau contoh gambar ruangan makan dari berbagai sumber. Dengan begitu, tentu dapat disesuaikan dengan warna kesukaan Anda.

Berikut ini ada sejumlah tips untuk menata ruang makan:

Tips dan trik untuk  merubah tampilan ruang makan

  1. 1.    Sesuaikan jumlah kursi dengan jumlah anggota keluarga.

Jika keadaaan rumah anda cukup besar dan memiliki ruang makan tersendiri, usahakan jumlah kursi harus sama dengan seluruh anggota keluarga. Saat acara makan tiba, maka semua anggota keluarga bisa berkumpul mengelilingi meja makan. Anda dapat menggunakan meja makan berbentuk lingkaran atau bundar untuk ruangan yang  lebih besar. Tapi jika ruangan lebih sempit disarankan menggunakan meja berbentuk persegi dengan kursi lebih sederhana.

  1. 2.    Ruang makan sebaiknya mempunyai warna yang menarik.

Corak makan di ruang makan secara tidak langsung dapat mempengaruhi nafsu makan seseorang. Bila salah dalam memilih warna di ruang makan, bisa jadi malah menurunkan nafsu makan seseorang. Warna pada cat rumah atau ruangan yang dapat menjadi pilihan anda misalnya merah, merah tua, merah keunguan, cokelat, kuning dan hijau. Agar ruang makan semakin serasi dengan ruangan yang lain, maka buatlah permainan warna pada aksesoris di ruang makan. Seperti pada sarung kursi, taplak meja maan, peralatan makan, dan lainnya.

  1. 3.    Menggunakan ubin yang berbeda dengan ruangan lain.

Ubin berfungsi agar ruang makan tidak menjadi multifungsi dengan ruanga lainnya seperti dapur atau ruang keluarga. Gunakan jenis ubin atau warna keramik yang berbeda. Secara tidak langsung, warna ubin berbeda akan menggariskan perbedaan antar ruang meski tidak dibatasi dinding.

  1. 4.    Memakai lilin atau lampu hias.

Jika menggunakan lilin sebaiknya yang tidak berbau wangi, karena justu bau wangi menghilangkan aroma makanan. Lampu hias dapat menambah nuansa keakraban di ruang makan. Bila memakai lampu hias, anda bisa menempatkan lilin di atas meja. Nyala lilin akan membantu menciptakan ruangan yang menenangkan.

  1. 5.    Tambahkan area karpet di ruang makan.

Karpet dengan warna yang senada dengan dinding ruangan tersebut, sesekali dengan warna yang kontras namun pantaskan terlebih dahulu. Karpet harus cukup besar untuk muat di bawah meja dan kursi bahkan ketika kursi ditarik keluar.

Dikutip dari berbagai sumber.

One thought on “Menata Ruang Makan Lebih Mempesona

  1. wah betul juga itu,,,,,,,,, tips menata ruangannya sangat pas bagi saya yang lagi kebinggungan menata ruangan yang semrwut karena kebanyakan furniture yang belum tertata rapi, ,,,,,,,,
    thaks ya,,,,,,,,,,,,
    untuk pemilihan furniture ruangan juga menjadi penting biar tampilan ruangan menarik, info furniture terbaru silahkan kunjunggi di: galery furniture jepara.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s