Tips merawat printer agar awet dan tahan lama


Pada era 80-an, mesin tik adalah alat untuk mengetik sekaligus mencetak dokumen berupa tuliasan. Namun mulai era 90-an sampai saat ini Anda terbantu dengan adanya komputer untuk mengetik sebuah tulisan dan Printer yang dapat digunakan untuk mencetak dokumen baik berupa tulisan, gambar, dan lain-lain dari komputer ke media kertas atau sejenisnya.

Saat ini tersedia berbagai merek Printer yang beredar di pasaran dengan tipe Printer yang juga beragam seperti Printer injek, printer laser jet, dan printer dot matrik. Ada juga Printer yang biasa menjadi satu paket dengan pembelian Printer baru yaitu Printer Injek.

Mengingat Printer merupakan salah satu alat yang penting, maka sebaiknya Anda merawat printer dengan baik. Ada beberapa tips merawat printer ink jet, printer laser, maupun printer biasa agar awet dan tahan lama.

  1. Gunakan printer secara berkala dan teratur. Jangan membiarkan printer “nganggur” dalam waktu yang cukup lama. Jangan sampai printer tidak digunakan sama sekali. Printer inkjek yang dibiarkan lama akan menyebabkan tinta di head cartridge kering, sehingga akan menghambat proses pengeprint-an.
  2. Pastikan kertas sesuai dengan printer. Kondisi kertas harus sesuai tidak terlalu tipis atau terlalu tebal, dan yang terpenting kertas tidak kusut agar printer tetap awet dan tahan lama.
  3. Gunakan merk tinta yang sama saat isi ulang/refile. Kalupun berbeda pastikan tinta pada cartridge telah benar-benar kosong/habis. Hal ini untuk menghindari adanya reaksi penggumpalan tinta akibat merk tinta berbeda yang dapat menyumbat lubang tinta pada Head. Ini yang biasanya sering dilupakan dalam tips perawatan printer.
  4. Dalam melakukan isi ulang/refile khususnya saat melepas cartridge, jangan menyentuk chip cartridge dengan tangan, karena dapat mempengaruhi aliran listrik statis dan mengganggu komponen tersebut.
  5. Bersihkan printer yang kotor menggunakan kuas atau lap dengan kain. Khusus bagian dalam gunakan kuas kecil untuk dapat mencapai sela-sela yang sulit. Saat melakukan pembersihan pastikan printer dalam keadaan OFF atau mati total (kabel listrik tercabut).
  6. Dengan melakukan tips perawatan Printer di atas secara benar, dapat mengoptimalkan kinerja printer dan memperpanjang usia pakai printer kita.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s